Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Tomohon Mandi Abu Vulkanik

Kompas.com - 10/02/2012, 11:21 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Sebagian Kota Tomohon, Sulawesi Utara, berdebu setelah Gunung Lokon meletus pada pukul 08.20. Sebaran debu vulkanik Gunung Lokon diperkirakan mencapai Kota Tondano yang berjarak 20 kilometer dari Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jemmy Eman, Jumat (10/2/2012), mengatakan, debu Lokon menyebar merata di dua kelurahan. Tomohon bagian selatan yang meliputi Kelurahan Matani, Wailan, dan Saroinsong mandi abu.

Debu tersebar ke rumah-rumah warga dengan ketebalan rata-rata satu sentimeter. Jalanan Kota Tomoho juga berdebu. Jumat siang, puluhan petugas kebersihan Kota Tomohon menyiram sejumlah ruas jalan.

Sesak napas

Akibat letusan Gunung Lokon, sejumlah warga menderita sesak napas dan membutuhkan masker untuk mencegah gangguan pernapasan.

Beno Moningka, warga Matani mengatakan, warga sempat panik ketika mendengar bunyi letusan Lokon yang kemudian mengeluarkan debu. Baru kali ini Kota Tomohon merasakan dampak letusan Lokon.

Dampak letusan Lokon sampai ke Tomohon karena angin bertiup ke selatan dan tenggara.

Farid Ruskanda, yang menyaksikan letusan Lokon, mengatakan, letusan terjadi pagi hari dan mengeluarkan material vulkanik debu setinggi 2.000 meter. ”Gunung Lokon hanya sekali saja meletus,” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com