Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disambar Petir, 3 Alat Pemantau Merapi Rusak

Kompas.com - 22/01/2012, 07:25 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Tiga alat pemantau yang berada di Pos Pengamatan Gunung Merapi Ngepos Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang rusak akibat disambar petir ketika terjadi hujan deras disertai petir melanda lereng sisi barat Gunung Merapi itu. Tiga alat itu adalah sensor pengukur curah hujan, sensor lahar dingin serta seismograf

"Untuk sementara beberapa alat tersebut tidak bisa digunakan. Untuk pemantauan sementara hanya menggunakan alat secara manual dan mengandalkan data pemantau dari Pos Badan dan Pos Pusat di BPPTK Yogyakarta," kata Petugas Pos Ngepos, Purwono, Sabtu (21/1/2012) malam.

Kerusakan tersebut, lanjutnya, juga bersamaan dengan banjir lahar dingin yang terjadi di Kali Putih dengan ketinggian sekitar satu meter dengan lebar sekitar 20 meter. Namun akibat banjir tersebut, tidak ada laporan kerusakan yang berarti.

Purwono mengatakan, kerusakan-kerusakan ini telah dilaporkan ke kantor pusat di Yogyakarta. Rencananya, pada Minggu (22/1/2012) tiga perangkat komputer akan segera diperbaiki, sehingga tidak akan mengganggu pengamatan Gunung Merapi dan lahar dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com