Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Peningkatan Produksi Beras Dibentuk

Kompas.com - 04/01/2012, 16:53 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Tim lintas sektor dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Maluku untuk meningkatkan produksi beras di Maluku. Provinsi Maluku menargetkan swasembada beras pada tahun 2014.

Kepala Dinas Pertanian Maluku Syuryadi Sabirin, di Ambon, Maluku, Rabu (4/1/2012), mengatakan tim lintas sektor itu dibentuk karena peningkatan produksi beras tidak bisa semata bergantung pada dinas pertanian. Dengan begitu, masalah peningkatan produksi beras di Maluku bisa dihadapi bersama, tambahnya.

Peningkatan produksi dilakukan dengan target mencapai swasembada beras pada tahun 2014. Saat ini, kebutuhan beras masyarakat Maluku setiap tahunnya mencapai sekitar 120.000 ton beras.

Sebanyak 58.000 ton beras diantaranya dicukupi dari empat kabupaten penghasil beras di Maluku, sedangkan sisanya didatangkan dari luar Maluku, yaitu Sulawesi Selatan dan Pulau Jawa. "Tahun 2014, pemerintah menargetkan tidak perlu lagi beras didatangkan dari luar Maluku," tambahnya.

Sejumlah langkah yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut adalah pencetakan 10.000 hektar sawah baru, pemberian benih unggulan, pembangunan saluran irigasi, pupuk berimbang, dan pengendalian hama.

Di Maluku ada empat kabupaten penghasil beras, yaitu Buru, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, dan Seram Bagian Barat. Mayoritas dari beras ini diproduksi oleh petani transmigran dari sejumlah daerah di luar Maluku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com