Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar Tiup Terompet di Gedung Merdeka

Kompas.com - 31/12/2011, 20:52 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan persama Muspida Jabar dan Kota Bandung dijadwalkan meniup terompet malam Tahun Baru 2012 di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Sabtu (31/12/2011) malam.

"Gubernur akan menghadiri Kilas Balik Jabar 2011 sekaligus memberikan penghargaan seni, budaya dan pariwisata di Gedung Merdeka Kota Bandung," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jabar, Herdiwan I Suranta di Bandung.

Kilas Balik Jabar merupakan kegiatan rutin setiap malam pergantian tahun di Jawa Barat berupa pemberian penghargaan bagi para pelaku seni, budaya dan pariwisata. Pada Kilas Balik Jabar 2011-2012 akan ditandai dengan peluncuran buku "Sejarah Kebudayaan Sunda" karya Prof Dr Nina H Lubis.

Kilas Balik Jabar tahun ini akan diramaikan dengan pentas Alunan Rumpun Bambu (Arumba) dan gamelan orchestra, GIGZ (BSV Choir) pementasan Wayang Kapsul dan Janaka Sunda (Sekar Beluk).

Di akhir acara, Gubernur beserta Muspida Jabar dan Kota Bandung akan menyambut detik-detik pergantian tahun di Gedung Merdeka bersama warga Bandung lainnya.

Sementara itu itu, tiga lokasi di Kota Bandung akan menjadi titik konsentrasi massa pada Malam Tahun Baru 2012 yakni di kawasan Gasibu, Monumen Perjuangan Rakyat Jabar (Monju) dan Alun-Alun Bandung. Pesta kembang api disiapkan oleh warga Bandung yang membeli kembang api secara khusus untuk memeriahkan malam pergantian tahun di Kota Kembang itu.

Sementara itu sejumlah jalan protokol di Kota Bandung akan ditutup dan direkayasa untuk menghindari kemacetan total di Kota Bandung. Termasuk salah satunya jalur Jembatan Paspati akan direkayasa untuk mengindari penumpukan kendaraan di atas jembatan terpanjang di Kota Kembang itu.

"Kami sudah menyiapkan rekayasa jalur di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung, termasuk melakukan penutupan di beberapa ruas jalan," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Widodo EP.

Polrestabes Bandung mengerahkan 4.500 personel pada Malam Tahun Baru. Selain mengamankan arus lalu lintas pada malam Tahun Baru, kepolisian Bandung juga melakukan pengamanan di sejumlah gereja yang akan menggelar kebaktian dan misa Malam Tahun Baru antara lain Gereja Katedral, Bethel, Immanuel, GKI, HKBP serta sejumlah gereja lainnya yang memiliki jemaat cukup banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com