Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Anak Krakatau Sudah 126 Kali

Kompas.com - 23/12/2011, 15:30 WIB
M.Latief

Penulis

CINANGKA, KOMPAS.com — Aktivitas gempa vulkanik yang terjadi selama ini pada Gunung Anak Krakatau sudah 126 kali. Namun, Pusat Vulkanalogi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan level III atau berstatus Siaga.

"Kami masih melarang warga atau turis mendekat ke lokasi kegempaan pada radius 2 kilometer," kata Kepala Pos Pemantau di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Anton Tripambudi, Jumat (23/12/2011).

Dia menjelaskan, aktivitas Gunung Anak Krakatau yang berstatus Siaga sejak 30 September 2011 tidak membahayakan sepanjang warga atau siapa pun mengikuti rekomendasi yang sudah dikeluarkan oleh PVMBG.

"Kami harap warga tidak panik dan resah karena kegempaan yang terjadi pada Gunung Anak Krakatau, selama tidak mendekat pada radius 2 kilometer, tidak membahayakan," katanya.

Kiki, warga Anyer, Kabupaten Serang, mengaku tidak begitu khawatir dengan status Gunung Anak Krakatau yang mencapai level III atau Siaga.

"Warga sudah terbiasa dengan kondisi Gunung Anak Krakatau yang sering mengeluarkan letusan dan berstatus level Siaga," ujar Kiki.

Hanya, dengan adanya informasi di sejumlah koran dan televisi, sebagian warga mulai ketakutan.

"Kami harap pemerintah selalu menginformasikan perkembangan apa pun yang ada di Gunung Anak Krakatau, seperti ketika status Gunung Anak Krakatau naik ke level III," katanya.

Warga lainnya, Hesti, mengungkapkan hal senada. Menurut ibu satu anak ini, kegempaan Gunung Anak Krakatau pada level III membuat warga khawatir.

"Tetangga saya juga ada yang merasa khawatir akan aktivitas Gunung Anak Krakatau saat ini. Kalau saya pribadi, sih, sudah tidak aneh lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com