Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Larangan Kapal Berlayar

Kompas.com - 04/12/2011, 15:58 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com- Kapal kargo dan penumpang dari Pontianak, Kalimantan Barat masih diizinkan berlayar pada hari Minggu (4/12/2011) ini, kendati kemarin sudah ada tiga kapal yang tenggelam akibat dihantam badai. Administratur pelabuhan baru akan melarang pelayaran jika ada potensi gelombang di atas tiga meter.

Administratur Pelabuhan Pontianak Sudiono mengatakan, pada Minggu ini cuaca bagus, sehingga kapal diizinkan berlayar. "Musibah pada Sabtu dini hari itu di luar perkiraan, karena pada Jumat sore, cuaca masih bagus.

Akan tetapi, kalau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika merekomendasikan agar pelayaran ditunda karena ada potensi gelombang di atas tiga meter, kami akan lakukan," kata Sudiono.

Larangan berlayar atau penundaan berlayar, ujar Sudiono, sudah pernah diberikan. "Biasanya, larangan atau penundaan berlayar diberikan menurut kategori atau berat kapal. Untuk kapal dengan bobot ringan biasanya sering kena larangan atau penundaan jika kondisi tidak memungkinkan" kata sudiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com