Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wawali Solo-Begug Duet "Ndhalang" di Sriwedari

Kompas.com - 27/10/2011, 10:07 WIB
M Suprihadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan mantan Bupati Wonogiri Begug Purnomosidhi dipastikan akan tampil bersama dalam pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Plaza Sriwedari Kota Solo, Jumat (28/10/2011) malam.

Kedua petinggi dan mantan petinggi daerah di eks Karesidenan Surakarta itu memang tidak akan tampil penuh semalam suntuk, tetapi hanya berduet sekitar 30 menit pada saat sesi "Cangikan" atau sesudah jejer pambuko pada pagelaran dengan lakon Banjaran Gatutkoco yang secara penuh akan dibawakan dhalang kondhang Ki Enthus Susmono.

Ketua Panitia Reuni Intan SMA Pangudiluhur Santo Yosef Surakarta, Sari Dasanta, kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2011), menyatakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk itu merupakan rangkaian acara perayaan ulang tahun ke-60 SMA Santo Yosef Surakarta.

Menurut Sari, Hadi Rudyatmo adalah alumni SMA Santo Yosef, sementara Begug adalah sesepuh dan pemerhati budaya di Solo. Begug bahkan tidak hanya tampil mendalang, tetapi juga menyumbangkan delapan sindhennya untuk pagelaran malam itu.

Bersih-bersih kota

Dikatakan Sari, rangkaian acara reuni sebenarnya sudah dilaksanakan sejak bulan Mei lalu dengan berbagai kegiatan, baik yang bersifat olahraga maupun diskusi dan seminar yang terbuka untuk umum.

Sedangkan pada hari Jumat besok, pada pukul 15.00 akan dilakukan bersih-bersih kota oleh siswa dan alumni. Mengambil lokasi di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dari perempatan Gendengan hingga Bundaran Gladag, semula acara ini akan dicatatkan di Museum Rekor Indonesia (MUR) dengan peserta terbanyak 1.000 orang. "Tapi kayaknya jumlahnya ga cukup, maka diputuskan untuk tidak dicatatkan di MURI," kata Sari.

Bertempat di Plaza Sriwedari, seusai bersih-bersih kota akan dilakukan upacara Sumpah Pemuda dan dilanjutkan dengan penampilan keroncong alumni sampai dimulainya pagelaran wayang pada pukul 20.00. Kepala Yayasan Pangudiluhur Br Frans Sugi FIC akan membuka acara, sementara Wali Kota Solo Joko Widodo akan menyerahkan wayang kepada Ki Enthus.

Adapun puncak acara reuni akan dilakukan pada hari Sabtu (29/10/2011) pukul 10 dengan misa syukur di aula SMA Santo Yosef di Jalan Adisucipto Solo. Sedangkan pada malamnya dilakukan ramahtamah dan temu kangen alumni diiringi penampilan Ruth Sahanaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com