Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor DPRD Cimahi Dipasangi Kamera Pengintai

Kompas.com - 19/10/2011, 15:23 WIB

CIMAHI, KOMPAS.com — Sekretariat Dewan DPRD Kota Cimahi, Jawa Barat, akan memasang 10 kamera pengintai (CCTV) guna memudahkan pengawasan terhadap kinerja DPRD Kota Cimahi.

"Saat ini, CCTV yang sudah terpasang baru berjumlah tidak lebih dari lima unit yang ditempatkan di beberapa ruangan strategis, seperti ruang pimpinan dewan, rapat, Banmus (Badan Musyawarah), dan paripurna," kata Sekretaris DPRD Kota Cimahi Eddy Junaedi kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (19/10/2011).

"Prosesnya kami lakukan secara bertahap, tidak sekaligus. Dan, ini merupakan inisiatif dari Dewan. Kami harapkan adanya CCTV ini bisa menunjang kinerja Dewan pada akhirnya," ujarnya.

Eddy menyebutkan, anggaran yang dibutuhkan untuk pengadaan kamera pengintai itu mencapai Rp 200 juta. Anggaran sebesar itu tidak seluruhnya digunakan untuk membelanjakan kamera pengawas saja, tetapi untuk membangun sarana penunjang fasilitas Dewan lainnya, seperti pembangunan atap tempat parkir mobil.

"Untuk menyelaraskan dengan konsep Cimahi Cyber City, kami akan usahakan untuk melengkapi diri dengan pembuatan situs khusus untuk DPRD Kota Cimahi. Prosesnya tidak bisa sekaligus, tetapi bertahap dalam pengajuan anggarannya. Yang penting apa yang kami lakukan tetap harus memprioritaskan kepentingan rakyat yang lebih mendesak," ujarnya.

Menanggapi ini, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Cimahi Cecep Rustandi menganggap, terlalu berlebihan jika pemasangan kamera CCTV dikhususkan untuk mengawasi kinerja anggota Dewan. Sebab, ia menilai, kinerja DPRD selama ini sudah terpantau dengan baik. Menurut dia, pemasangan kamera CCTV lebih baik diprioritaskan untuk menunjang aspek keamanan di kantor DPRD.

"Lebih baik, pemasangan kamera CCTV lebih diprioritaskan di tempat-tempat yang mendukung keamanan. Sebab, mobilitas keluar-masuk orang yang tidak bisa terkontrol. Selama ini, sering juga terjadi kehilangan barang di DPRD," katanya.

Sebelumnya, pada tahun anggaran 2010, Setwan DPRD Kota Cimahi telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 400 juta untuk merenovasi beberapa ruang kerja. Beberapa ruang kerja baru yang dibangun adalah ruang rapat Banmus, ruang rapat panitia khusus, ruang rapat Badan Legislasi, dan ruang Badan Kehormatan DPRD Kota Cimahi. Fasilitas di setiap ruangan DPRD Kota Cimahi itu telah dilengkapi pendingin ruangan dan toilet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com