Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

66 Jemaah Haji Lansia Asal Makassar Diberangkatkan

Kompas.com - 04/10/2011, 03:05 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com Sebanyak 66 warga lanjut usia (lansia) dari 360 jemaah haji Makassar untuk kelompok terbang (kloter) pertama diberangkatkan melalui Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar.     

"Berdasarkan laporan dan manifes jumlah jemaah calon haji lanjut usia yang diberangkatkan pada kloter pertama sekitar 66 orang dan semuanya sudah mendapat izin dari dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," ujar staf Humas Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulawesi Selatan, Muhammad Tonang, di Makassar, Senin (3/10/2011).     

Ia mengatakan, ke-66 jemaah haji itu umumnya berusia 61-80 tahun dan semua jemaah haji berasal dari Kota Makassar. Meskipun sudah dinyatakan lanjut usia, tim dokter yang memeriksa kesehatan dan memberikannya vaksin meningitis juga memperbolehkan para jemaah haji itu berangkat dengan mendapat pendampingan intensif dari tim dokter.     

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dr Slamet, mengatakan, semua jemaah haji itu sudah memenuhi persyaratan untuk ikut dalam ibadah haji. Beberapa persyaratan umum yang dimaksudkan, antara lain, tidak mempunyai riwayat penyakit yang dapat mengancam jiwa.

"Kalaupun ada jemaah haji yang sudah tidak sanggup lagi bergerak secara maksimal, pihak keluarga atau pendamping harus menyiapkan kursi roda untuk melakukan ibadah haji," katanya.     

Selain itu, jemaah haji juga tidak akan diberangkatkan jika mempunyai penyakit yang dapat tertular kepada jemaah haji lainnya, seperti penyakit tuberkulosis (TBC) atau penyakit kulit yang masih basah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com