Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Terakhir, 20 Hektar Hutan di Pemalang Terbakar

Kompas.com - 28/09/2011, 14:44 WIB

PEMALANG, KOMPAS.com - Sekitar 20 hektar hutan jati di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang terbakar, selama bulan September ini. Seluas 17 hektar terbakar pada pertengan September, sedangkan tiga hektar lainnya terbakar pada hari Minggu lalu. Hutan yang terbakar merupakan hutan jati, semuanya terletak di wilayah Kecamatan Pemalang.

Administratur KPH Pemalang, Erwin, Rabu (28/9/2011) mengatakan, penyebab kebakaran hutan, antara lain karena rembetan api dari sisa puntung rokok yang dibuang masyarakat. Selain itu, sebagian hutan yang terbakar berbatasan dengan lahan garapan, yang dalam proses pembukaan lahannya dilakukan dengan dibakar.

Menurut dia, pohon jati di dalam hutan yang terbakar rata-rata sudah berumur 20 hingga 30 tahun. Kebakaran itu tidak merusak pohon jati, tetap menimbulkan kerugian lingkungan, berupa terbakarnya tumbuhan bawah dan binatang-binatang di bawah tegakkan.

Sebenarnya, lanjut Erwin, Perhutani sudah membentuk satuan tugas pemadam kebakaran, yang terdiri dari masyarakat, tokoh masyarakat, dan lembaga masyarakat desa hutan.

Jumlah satgas damkar sebanyak 200 orang, yang tersebar di 20 resort pemangkuan hutan (RPH). "Kami juga membuat posko pengendalian di kantir perhutani maupun di enam BKPH (badan kesatuan pemangkuan hutan)," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com