Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantah, Lampu Bus Mati

Kompas.com - 12/09/2011, 15:33 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Sinyalemen bahwa lampu depan bus Sumber Kencono mati saat terjadi tabrakan dengan minibus di jalan bypass Mojokerto, Senin (12/9/2011) dini hari, yang menyebabkan 19 orang meninggal dunia dan beberapa orang luka-luka, dibantah oleh manajemen PO Sumber Kencono.

"Bus berangkat dalam kondisi prima. Kalau tidak, pasti oleh sopir dikembalikan. Jangankan lampu depan mati, satu lampu sign (tanda belok) mati satu saja, sopir tidak mau berangkat," tegas Auksilya, bagian psikologi PO Sumber Kencono yang mewakili manajemen.

Dalam sistem dan prosedur operasional bus, menurut dia, bus selalu dicek lebih dulu oleh pihak montir. Sebelum berangkat, sopir akan mengecek kondisi bus. Jika ada yang kurang beres, bus akan diservis lagi sampai sempurna.

Bus bernomor polisi W 7181 UY ini dioperasikan sejak tahun 2009. Kondisi mesinnya sangat laik jalan. Selama ini tidak pernah ada masalah.

Adapun sinyalemen bahwa sopir mengantuk juga dibantah Auksilya. Sopir Mujito baru keluar dari garasi di Jalan Sepanjang-Krian sekitar pukul 02.00. Bus ke Terminal Purabaya lebih dulu baru bertolak ke Madiun-Solo-Yogyakarta. Jadi kondisi sopir pasti fit.

Apalagi Mujito juga baru istirahat 4 hari. Saat menjalankan bus itu merupakan kerja yang kedua. Di perusahaan itu, sopir bus maksimal bekerja 6 hari dalam seminggu, setelah itu istirahat 3-4 hari. "Kalau tidak fit, biasanya sopir melapor tidak bisa berangkat," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com