Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Hujan Buatan Siap Terbang

Kompas.com - 08/09/2011, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Tiga pesawat Cassa 212-200 yang akan digunakan untuk operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan telah siap diberangkatkan. Ketiganya, Kamis (8/9/2011) sore ini, bernomor PK-TLE, PK-TLH, dan PK-TLF sudah diparkir di area base operasi Lapangan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Menurut rencana, sore ini Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono akan melepas para petugas pemadaman. Petugas rencananya memulai tugas pertama ke Pekanbaru Riau, Sumatera Selatan, lalu ke Kalimantan Tengah. "Kami mendapat tugas selama sebulan," ujar seorang petugas.

Ketiga pesawat itu milik Badan Penerapan Dan Pengkajian Teknologi (BPPT) yang dikelola operasionalnya oleh PT Nusantara Buana Air. Pesawat ini biasa melayani penumpang di Sumatera, Kalimantan, dan Maluku.

Bagian dalam kabin pesawat, dari 18 kursi penumpang hanya disisakan 6 kursi. Ruang digunakan untuk logistik garam dan lainnya untuk Bahan penyemaian hujan buatan. Di bagian bawah pesawat, dimodifikasi dengan saluran pembuangan garam berwarna oranye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com