Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Ranaka Tetap Beraktivitas

Kompas.com - 01/09/2011, 14:53 WIB

RUTENG, KOMPAS.com- Masyarakat Desa Ranaka di Kecamatan Waeri'i, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, hingga Kamis (1/9/2011), tetap beraktivitas seperti biasa. Mereka belum terpengaruh oleh perubahan statu Gunung Anak Ranaka menjadi waspada.

Kepala Desa Ranaka, Yulius S Nggejang, menyatakan, desa berpenduduk 337 keluarga atau sekitar 1.040 jiwa yang tersebar di dua anak kampung, Robo dan Ntango, itu saat ini tengah sibuk menyiangi sawah mereka dari rerumputan liar di antara tanaman padi yang baru berusia sekitar dua bulan. Sebagian lainnya sibuk menambang pasir yang sejak lama merupakan salah satu sumber penghasilan keluarga setempat.

Lokasi penambangan di sekitar tepi Sungai Waereno di desa itu. Padahal Waereno adalah satu dari dua alur pelucuran lava panas dari letusan Anak Ranaka, 11 Januari 1988.

"Rencananya nanti malam saya baru keliling kampung mengumumkan kepada masyarakat terkait perubahan status Anak Ranaka. Maksudnya agar warga tahu namun tidak perlu panik dan tetap beraktivitas seperti biasa sambil penunggu perkembangan lebih lanjut," jelas Yulius yang mengaku baru didatangi aparat polisi dari kota Kecamatan Waeri'i memberitahukan status waspada gunung api tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com