Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Posko Lebaran ala Kuda Lumping

Kompas.com - 24/08/2011, 15:13 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah pos polisi untuk pengamanan lebaran di simpang empat jalan Sersan Bahrun, Mrican, Kota Kediri, Jawa Timur tampil beda. Sekeliling pos dihias dengan pernik kesenian tradisional Kuda Lumping.

Anyaman bambu berbentuk kuda itu ditempel di setiap dinding luar bangunan semi permanen yang didirikan di jalur perbatasan Kota Kediri dan Kabupaten Kediri arah Nganjuk.

Dari dinding bagian muka, samping kiri maupun kanan, penuh tempelan peralatan yang biasa digunakan bermain kesenian Kuda Lumping, atau oleh masyarakat Kediri, kesenian ini biasa disebut Jaranan. Sementara pada dinding bagian dalam, digantungkan beberapa peralatan Jaranan lainnya seperti pecut serta topeng.

Sehingga, bila dibandingkan dengan tujuh pos lainnya yang ada di Kota Kediri, kesan tradisional dari pos ini sangat kental. Bahkan, Rabu (24/8/2011), dua orang petugas dengan seragam lengkap masing-masing anggota polri dan seorang personil TNI tengah memainkan permainan Jaranan ini.

Sesekali mereka juga mengatur lalu lintas sambil membawa Jaranan. Ipda.Sucipto, Kepala Pos Polisi Mrican mengatakan, pemilihan hiasan Jaranan itu sengaja dilakukan untuk membuat kesan yang berbeda dengan pospol lainnya. Sehingga, masyarakat yang melihatnya tidak merasa kaku atau monoton.

"Selain itu tujuan kita angkat Jaranan ini karena khas kesenian Kediri. Itung-itung nguri-nguri atau melestarikan budaya," kata Sucipto.

Meskipun pospol baru beroperasi selama dua hari ini, namun sudah mendapat respon yang beragam dari masyarakat. "Kemarin ada yang nanya kapan digelar jaranannya, lalu tadi pagi juga ada yang nanya apa jaranan itu dijual," imbuh Sucipto sambil terkekeh.

Sementara, Kepala Kepolisian Resor Kediri Kota, Ajun Komisaris Besar MH.Ritonga mengaku menyambut baik semua kreativitas jajarannya sepanjang masih dalam batasan normal.  Selain jaranan, kata Ritonga, sebuah pos juga dihiasi dengan ornamen masjid.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Polres Kediri Kota dalam menyambut Lebaran 1432 H ini mendirikan pos polisi di beberapa titik yang dianggap rawan kriminalitas maupun kemacetan lalu lintas.  Pengoperasiannya dimulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com