Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan 17 Bayi Gizi Buruk di Malang

Kompas.com - 22/07/2011, 16:25 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, masih dapat ditemukan bayi penderita gizi buruk. Terbukti, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mendapati ada 17 bayi penderita gizi buruk di Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung.

Data tersebut diungkapkan penanggungjawab kelompok 14 KKN-UMM Fery Pratama. "Kami sangat prihatin melihatnya," kata Fery, Jumat (22/7/2011).

"Sengaja kami membuat acara itu, karena kami gerah melihat kondisi kesehatan sebagian balita yang menderita gizi buruk. Acara itu digelar dengan menularkan pengetahuan tentang cara pemberian makan dan susu yang tepat pada ibu-ibu terutama yang mempunyai anak penderita gizi buruk," jelasnya.

Sementara itu, menurut Kepala seksi Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan, Kabupaten Malang, Riyanto, pihaknya mengaku akan melakukan pengecekan ke lokasi terlebih dahulu. "Kalau belum mengecek, kami belum bisa mengatakan kasus temuan mahasiswa itu murni gizi buruk atau tidak," katanya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Malang, HM Fauzi, angka kelahiran di Kabupaten Malang mencapai 200 ribu bayi per tahun. "Dari angka kelahiran itu, memang masih ada bayi yang kurang gizi. Namun, jumlah bayi kurang gizi itu di bawah satu persen dari angka kelahiran," kilahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com