Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balikpapan Perlu Pameran Onthel

Kompas.com - 05/07/2011, 15:24 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Pameran sepeda onthel di Balikpapan, Kalimantan Timur, perlu diadakan untuk menarik minat warga kota minyak ini. Meski topografi kota 70 persen berupa perbukitan, peminat onthel tetap akan ada, dan pasti bertambah.

Salah satu warga Kampung Baru, Balikpapan, Basir Daud melontarkan ketertarikan jika suatu saat diselenggarakan pameran sepeda onthel (sepeda kumbang/unta) di Balikpapan. Ia tertarik dengan seluk-beluk peronthelan, mulai dari sejarah sampai onderdil-onderdil lawasnya.

"Merek onthel ada banyak. Saya nggak tahu bedanya, namun pasti ada dan itu keunikan yang sebetulnya sangat bagus dikenalkan ke publik Balikpapan. Walau sepeda gunung lebih ngetren di sini, tapi tentu ada peminat onthel. Bentuk onthel itu unik," ujarnya, Selasa (5/7/2011).

Iklim sepeda di Balikpapan saat ini sedang tumbuh, ditandai adanya jalur sepeda dan sejumlah acara sepeda bersama. Sehingga jika komunitas onthel bisa menggelar pameran seperti kota-kota di Jawa, itu akan menjadi gebrakan. "Kapan ya ada pameran onthel di sini?" ucap Basir.

Ketua Onthel Balikpapan Mania (OBama) Soekadji mengatakan, ia juga berhasrat menggelar pameran onthel. Obama sudah melakukan semua aktivitas per-onthelan, seperti berkunjung ke komunitas lain, turing, mengarak pasangan pengantin, hingga sepeda bersama. Tinggal berpameran yang belum.

Ada 134 anggota Obama saat ini. Secara jumlah anggota, dan koleksi sepeda, saya rasa sudah bisa untuk menggelar pameran. Masalah barangkali tinggal biayanya. "Ide menggelar pameran sudah lama ada di benak, tapi belum terealisasi," ujar Soekadji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com