Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu ATM Tertelan, Rp 100 Juta Melayang

Kompas.com - 27/06/2011, 16:37 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Hati-hati saat menggunakan fasilitas mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Terutama bila kartu ATM tertelan di dalam mesin. Lebih baik menyelesaikan masalah tersebut, langsung ke bank bersangkutan. Sebab, nomor telepon yang dipasang di mesin ATM, ternyata bisa disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Seperti yang terjadi pada dr Kamil Bagus saat mengambil uang di mesin ATM kawasan RS Pertamina Balikpapan, Sabtu (25/6/11) lalu. Uang sekitar Rp 100 juta tiba-tiba raib dari rekening, setelah kartu ATM-nya tertelan di mesin.

"Sabtu malam, sekitar pukul 20.30, saya ke ATM. Mau ambil uang. Ternyata kartu ATM saya  tertelan. Di mesin ATM, tertulis untuk layanan bisa menelpon 14000. Namun di sebelah nomor 14000 ada tulisan nomor telepon lokal lainnya yang bisa dihubungi. Karena 14000 tidak ada jawaban, saya hubungi nomor telepon lokal itu," ungkap Kamil saat melapor pada petugas polisi di Polres Balikpapan, Senin (27/6/11).

Nomor telepon lokal tersebut adalah 0542-7004647. Ternyata ada yang menjawab. Kamil pun langsung melaporkan bahwa kartu ATM-nya tertelan. Setelah beberapa pertanyaan dilontarkan, si penerima telepon meminta nomor rekening Kamil, berikut nomor PIN. Tanpa curiga, Kamil memberikannya.

Senin (27/6/11) pagi, Kamil berniat mengurus kartu ATM yang tertelan. Alangkah kagetnya dia, ketika hasil print out buku tabungan, tercatat ada pengambilan dana dari rekeningnya sebesar Rp 100 juta. Waktu penarikan sesaat setelah kartu ATM-nya tertelan.

Merasa telah kecolongan, Kamil pun melaporkan masalah tersebut pada polisi. "Dari keterangan di buku, pengambilan dana dilakukan secara transfer. Mudah-mudahan bisa ditelusuri rekening penerimanya," ujar Kamil berharap. (Margaret Sarita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com