Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hunian Hotel di Pelabuhan Ratu Naik

Kompas.com - 01/06/2011, 22:51 WIB

PELABUHAN RATU, KOMPAS.com Tingkat hunian hotel di Sukabumi, khususnya di Palabuhanratu, meningkat hingga 20 persen dibandingkan sebelumnya, terutama menghadapi cuti bersama 2-4 Juni 2011.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sukabumi Dadang Hendar, Rabu (1/6/2011), mengatakan, jika dibandingkan dengan hari libur biasa, kenaikannya mencapai 20 persen.

"Kebanyakan tamu hotel mengambil lokasi wisata pemandangan alam seperti laut dan pegunungan, tetapi mayoritas ke Palabuhanratu sebagai obyek wisata pantai," kata Dadang.

Dadang mengungkapkan, dari prediksi pihaknya, jumlah hunian hotel akan sama seperti cuti bersama sebelumnya. Karena cuti bersama ini diumumkan secara mendadak, banyak wisatawan yang menghabiskan liburannya di rumah atau lokasi wisata dekat dengan rumahnya.

Ia pun menduga banyak warga yang tidak tahu sehingga pada saat akan berwisata tidak mempunyai persiapan sebelumnya.

"Kebanyakan tamu hotel sudah memesan kamar sebelum cuti bersama berlangsung, tetapi jumlahnya masih standar atau belum ada lonjakan," kata Dadang.

Ia menyebutkan, kebanyakan tamu hotel yang datang berasal dari luar Sukabumi, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, dan kota-kota yang dekat dengan Sukabumi. Untuk wisatawan lokal, kebanyakan mereka tidak menginap.

Sementara itu, tokoh masyarakat Sukabumi, Harry Mukharam, mengatakan, jumlah wisatawan yang datang ke obyek wisata di Sukabumi belum signifikan. Pihaknya memprediksi lonjakan wisatawan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu (5/6/2011).

"Kebanyakan mereka menuju obyek wisata pantai, yakni di Palabuhanratu," katanya.  

Sumber: ANTARA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com