Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membantu Penderita Kanker dengan Gowes

Kompas.com - 15/05/2011, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk membantu Temmy Haryono, penderita kanker sinus, sebanyak 33 orang bersepeda dari Jakarta ke Bandung sejauh 130 kilometer, Sabtu (14/5/2011). "Bukan perjalanan yang mudah buat kami. But, We'll do it for fun.....and a charity," kata Mario, salah seorang pesepeda dari klub CaniGowes.

Klub pesepeda lainnya yang ikut serta dalam Gowes Charity itu, antara lain Bike to Work Rosela. Mereka menggunakan berbagai jenis sepeda. Ada yang memakai sepeda lipat, sepeda balap (road bike) dan sepeda gunung (mountain bike -MTB). Sedangkan waktu tempuh yang berhasil dicapai para pesepeda sekitar 13 jam termasuk istirahat.

Adapun rute gowesnya, dimulai dari bumi perkemahan Cibubur, Kabupaten Bogor. Selanjutnya mereka melahap tanjakan maut, Cariu. Kemudian dilanjutkan ke Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Lalu ke arah Cipatat, Padalarang, Cimahi dan finish di Kota Bandung.

Temmy Kurniawan adalah adik kelas Mario di SMA Kolese Kanisius Tahun 2000. Dia mengidap kanker dan saat ini membutuhkan dana perawatan yang tidak sedikit. "Kami mengajak teman-teman untuk turut membantu. Dari setiap kilometer yang berhasil kami tempuh, sumbangkan nilai tertentu," ujar Mario, dalam pengumumannya di milis id-folding, beberapa hari menjelang gowes Jakarta-Bandung.

Daftar nama yang akan bersepeda ke Bandung sudah diumumkan di milis komunitas sepeda lipat itu. Lalu, para penyumbang memilih salah satu atau lebih pesepeda. Nah, besarnya sumbangan ditentukan oleh jarak tempuh yang berhasil dicapai oleh masing-masing pesepeda. Misalnya, jika Anda mau menyumbang senilai Rp 1.000, maka bila orang pilihan Anda berhasil menempuh 130 km, nilai sumbanganya adalah Rp 130.000.

Berapa pun nilai uang yang disumbangkan, sangat berarti. "Tapi, doa dan dukungan moril juga sangat kami butuhkan," ujar Mario. Bila Anda mau turut menyumbang secara pribadi, silakan kirim email ke canigowes@gmail.com, dengan menyebutkan andrew/nama anda/telp/email/nilai sumbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com