Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diguncang Gempa, Air Panas Menyembur

Kompas.com - 25/04/2011, 14:05 WIB

KONAWE SELATAN, KOMPAS.com - Puluhan rumah warga di 13 desa di Kabupaten Konawe Selatan rusak berat akibat guncangan gempa 6,0 Skala Richter yang melanda wilayah itu, Senin (25/4/2011), pagi. Beberapa warga dilaporkan terluka dan ribuan lainnya mengungsi ke perbukitan.

Salah satu desa yang mengalami kerusakan terparah adalah Desa Lakomea, Kecamatan Moramo. Di desa itu, tercatat tujuh bangunan tembok rumah warga roboh akibat gempa. Terdapat pula satu rumah yang hancur tertimpa pohon kelapa yang tumbang. Belum ada laporan korban jiwa dalam kejadian itu, namun setidaknya tiga warga mengalami luka ringan hingga berat.

"Salah satu warga bernama Aco (34), mengalami patah kaki karena tertimpa bangunan tembok rumahnya yang roboh," ujar Syarifuddin, Sekretaris Desa Lakomea di lokasi.

Pascagempa, di desa Lakomea juga muncul delapan semburan air panas bercampur pasir di depan salah satu rumah warga. "Tinggi air sekitar 1,5 meter dan berlangsung sekitar 10 menit," kata Mudin (38), kerabat pemilik rumah.

Sementara itu, ribuan warga lainnya berhamburan ke luar rumah dan lari ke perbukitan sepanjang pesisir Kota Kendari hingga Konawe Selatan. Kebanyakan warga yang mengungsi adalah perempuan dan anak-anak. Mereka khawatir akan gempa susulan dan isu yang berhembus bahwa akan terjadi tsunami.

Hingga tengah hari, beberapa warga terlihat masih siaga di luar rumah dan di perbukitan lengkap dengan barang bawaan masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com