Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Manula Lenggak-lenggok di "Catwalk

Kompas.com - 17/04/2011, 14:37 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Para manula di Kediri ini patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, di usia yang sudah uzur, mereka tidak canggung saat sedang berlenggak-lenggok diatas catwalk. Nenek-nenek warga lingkungan Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur ini melakukannya dalam rangka memperingati Hari Kartini serta Kampanye Batik Kediren.

Mereka mengikuti fashion show dengan berjalan dihamparan karpet hijau sepanjang 6 meter bagai peragawati, Minggu (17/4/2011) siang. Untuk dapat berpartisipasi dalam acara yang digelar di halaman Kelurahan setempat, Jalan Semeru, Gang 2, tersebut, mereka harus berusia minimal 55 tahun. Sementara batasan usia maksimal tidak ada.

"Asal masih mampu berjalan juga tidak apa-apa," ujar Lilik Sutrisna, ketua panitia.

Gelaran yang diikuti oleh 26 orang manula namun absen satu tersebut cukup membuat penonton geli dibuatnya. Penampilan yang didukung dengan make up yang kentara ditambah polah lucu para peserta membuat suasana bertambah riuh.

"Cara jalannya itu lo yang lucu, mereka berupaya agar lurus segaris. Tapi agak kesusahan dan kadang hampir jatuh," ujar Fatma, seorang penonton.

Sementara bagi para peserta sendiri, acara tersebut dianggap cukup menyenangkan. Mereka mengaku tidak ada perasaan canggung atau bahkan grogi dalam membawakan aksi yang biasanya hanya dilakukan oleh para kawula muda itu.

Jumini (68), salah satu peserta mengatakan, dirinya merasa senang dapat berpartisipasi. Bahkan, dirinya menganggap nostalgia saja karena pernah melakukan hal yang sama saat masih muda dulu.

"Tahun 80-an dulu pernah ikut, saya juara 10," ujar Jumini di sela-sela rehat gelaran.

Peserta yang lain, Munfangati (70) mengatakan jika dirinya tidak memerlukan persiapan khusus untuk ikut. Hanya saja istri dari Sumardjianto, seorang purnawirawan polisi ini mengaku hanya menambah waktu istirahatnya saja.

"Ya maklum orang tua, paling ya lutut ini yang harus dipersiapkan," ujar warga jalan Penanggungan nomor 68 ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com