Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Lokasi Evakuasi Disiapkan

Kompas.com - 03/04/2011, 11:29 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Resor Cilacap menyiapkan lima tempat evakuasi bagi warga sekitar tangki Minyak Pertamina Refinery Unit IV yang hingga Minggu (3/4/2011) masih terbakar. Evakuasi telah dimulai sejak pukul 00.00. Lima tempat evakuasi tersebut yakni Gedung PGRI, Gedung Sumekar milik Pemkab Cilacap, Stadion Wijayakusuma, kantor Kelurahan Karangtalun, dan Kantor Kelurahan Gunung Simping.

Menurut Kapolres Cilacap AKBP Rudi Darmoko, sedikitnya 200 warga Kelurahan Lomanis dan Kelurahan Banjaran telah mengungsi ke lima lokasi tersebut. Pihak Pertamina menegaskan, radius aman bagi warga yakni 1 kilometer dari lokasi kebakaran.

Hingga pukul 11.00, pemadaman di tangki ketiga yang ikut terbakar semalam, bernomor T 31-7 berisi bahan pencampur premium masih dilakukan dengan menyemprotkan busa cair dengan mobil pemadam kebakaran.

Manajer Media Pertamina Wianda Pusponegoro, mengatakan, pemadaman diusahakan selesai sebelum sore hari untuk menghindari munculnya angin besar dari arah barat yang menghambat pemadaman.

Helikopter

Setidaknya ada enam helikopter sedang mengarah ke Cilacap dari Jakarta untuk ikut memadamkan tiga tanki penampung bahan baku premium di Cilacap. Keenam helikopter itu diharapkan akan dapat menyiramkan busa peredam dan pendingin api ke atas tiga tanki penampung bahan baku premiun.

"Kami akan gunakan helikopter agar dapat memadamkan api secepatnya," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (3/4/2011) saat memimpin rapat darurat di Crisis Center Area Kilang Pertamina.

Seperti diketahui, pemadaman api kebakaran di tiga tanki yang dimiliki Pertamina di Cilacap membutuhkan banyak foam atau busa pendingin tanki dan pipa distribusinya. Saat ini, Pertamina sudah mendapatkan kiriman 350 drum atau sekitar 78 ton foam yang sudah tiba di lokasi kebakaran.

Menurut Hatta, hari ini, upaya yang dilakukan pemerintah dan Pertamina adalah menjegah api tidak menjalar ke kita atasi hari ini, setidaknya tidak menjalar kemana-mana, atau tanki yang lain. Foam sendiri sudah mencukupi, namun tidak efektif jika hanya disemprotkan ke sekeliling tanki. Foam hanya akan efektif jika ditumpahkan dari bagian atas tanki yang terbakar. (OIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com