Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan: Sekolahkan Atlet sampai Kuliah

Kompas.com - 25/03/2011, 13:56 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Guna meningkatkan prestasi olahraga, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mengusulkan dibentuknya sekolah pembinaan atlet hingga ke jenjang perguruan tinggi. Usulan tersebut disampaikan Sultan ketika memberikan sambutan pembukaan Rapat KONI DIY di Kepatihan, Jumat (25/3/2011).

Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta menambahkan, sekolah pembinaan atlet merupakan faktor pertama untuk berbicara mengenai prestasi olahraga. "Karena selama ini sekolah pembinaan atlet hanya sampai ke jenjang SMA, padahal prestasi itu bisa dilihat jika atlet telah mahasiswa," kata Sultan.

Di DIY sendiri, lanjutnya, baru dua cabang olahraga yang membina atletnya hingga perguruan tinggi, yakni bola voli dan panahan. Menurutnya, jika kondisinya tetap seperti ini akan sia-sia dalam memajukan prestasi olahraga.

"Jika kita ingin bicara soal prestasi maka ke depan hal ini harus bisa dirumuskan oleh KONI dan Disdikpora," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI DIY GBPH Prabukusumo menyambut baik usulan Sultan tersebut. Usulan itu sebagai masukan yang bagus yang perlu dibicarakan bersama. "Nanti kita lihat secara saksama. Ini masukan yang bagus. Selain itu, kita akan menekankan pada pola pikir pelatih yang harus bervisi internasional dalam memajukan prestasi atlet," kata Prabukusumo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com