Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flu Burung Marak, Pasar Unggas Disemprot

Kompas.com - 10/03/2011, 14:31 WIB

BANTUL KOMPAS.com - Kasus ayam mati mendadak akibat wabah flu burung kembali terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Hingga akhir Februari 2011 Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul mencatat sudah ada tiga kasus kematian unggas yang diakibatkan virus "avian influenza".

Kasubid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, drh Sri Budoyo menyatakan, pihaknya telah menerima laporan kasus kematian unggas dari kecamatan Kasihan dan Sanden. "Dari tiga kasus yang kita nyatakan positif AI ada sekitar seratusan unggas yang mati," ujar Sri Budoyo.

Guna mengantisipasi penyebaran virus flu burung ini, petugas melakukan penyemprotan desinfektan di pasar-pasar unggas dan tempat yang berpotensi menularkan virus tersebut. "Kita lakukan penyemprotan secara rutin di pasar unggas, kandang ternak dan tempat pemotongan hewan," imbuh Sri Budoyo.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, kasus flu burung di bantul mengalami penurunan, tahun 2009 terdapat 70 kasus, tahun 2010 terdapat 29 kasus dan hingga Februari 2011 hanya 3 kasus.

Meski demikian warga tetap dihimbau untuk tetap waspada terhadap ancaman wabah ini. Jika mengetahui ada kematian ayam mendadak, warga dihimbau untuk segera melapor ke pemerintah desa atau ke kantor dinas, supaya petugas bisa langsung menindaklanjuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com