Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhammadiyah Tak Terganggu Ahmadiyah

Kompas.com - 20/02/2011, 00:18 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Ketua Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah Musman Tholib mengatakan, meski Ahmadiyah memiliki ajaran sesat, kelompok yang meyakini adanya nabi baru ini tak mengganggu Muhammadiyah.

"Memang Muhammadiyah memutuskan ajaran Ahmadiyah itu sesat, tetapi mereka tidak mengganggu kelompok lain," tuturnya seusai membuka Musyawarah Daerah (Musda) Muhamamdiyah Kota Solo periode 2010-2015 di Balai Muhammadiyah Surakarta, Keprabon, Sabtu (19/2/2011) sore.

Ia juga menanggapi kerusuhan massa yang terjadi di Temanggung, Jawa Tengah. Musman Tholib mengatakan, kekerasan dan kerusuhan tersebut muncul setelah ada anggapan vonis lima tahun yang dijatuhkan kepada pembuat buku yang menistakan Islam kurang berat.

"Terdakwa (penista agama Islam itu) sendiri mengatakan siap untuk menumpahkan darah. Akibatnya, pembaca berpikir jika siap menumpahkan darah, hukuman selama lima tahun tersebut tidak ada apa-apanya," ujarnya.

Musman menilai kejadian tersebut merupakan sebuah sebab-akibat. Sebab, jika tidak terkesan menyiarkan ajaran keluar dari kelompoknya, maka tak ada umat Islam yang menanggapi hal tersebut dengan emosi.

"Kalau hanya disebarkan dalam kelompoknya sendiri, saya kira tidak akan timbul masalah seperti itu," paparnya. (Laporan Wartawan Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com