Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Kalteng Perhitungkan Kekuatan

Kompas.com - 12/02/2011, 15:49 WIB

PALANGKARAYA, Kompas.com - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) tengah memperhitungkan kekuatan personil untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Barito Selatan. Pilkada Barito Selatan akan diselenggarakan pada Mei 2011.

Kepala Polda Kalteng, Brigadir Jenderal Damianus Jackie di Palangkaraya, Sabtu (12/2/11), mengatakan, Kepolisian Resor Barito Selatan akan mengerahkan semua kekuatannya. Adapun Polda Kalteng memberikan dukungan. Berapa jumlah yang dibutuhkan, pihak polres yang akan menghitungnya, katanya.

Dalam pilkada Barito Selatan, terdapat tujuh pasangan yang akan bersaing. Menurut Damianus, pihaknya sudah mengetahui cara-cara untuk menangani situasi yang berkembang nanti. Berbagai cara itu terdiri dari tindakan terbuka yang dilakukan pasukan berseragam dan tertutup atau berupa aktivitas intelijen.  

Mereka yang bertugas akan membaca situasi. Sebelum pilkada berlangsung, ada perkiraan intelijen dari pemantauan yang menghasilkan masukan kepada Polda Kalteng, katanya. Jika terjadi aktivitas massa misalnya, Polda Kalteng akan menurunkan personil sesuai jumlah petugas yang dibutuhkan.  

"Kalau kepolisian pasti bicara sasaran orang, kegiatan, lingkungan, benda, dan waktu. Orang berarti calon kepala daerah, benda misalnya peralatan pilkada," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com