Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Umat Ikut Prosesi Pekabaran Injil

Kompas.com - 05/02/2011, 08:52 WIB

MANOKWARI, KOMPAS.com - Ribuan umat Nasrani dari berbagai pelosok Papua dan berbagai daerah di Indonesia, mengikuti prosesi Pekabaran Injil di sekitar halaman Gereja Elim Kwawi, Manokwari, Papua Barat. Ritual ini untuk mengenang kembali masuknya Injil di tanah Papua 156 tahun silam.

Prosesi dimulai dengan dibawanya Injil oleh sejumlah pendeta dan perwakilan suku Doreri dari Pulau Mansinam, Sabtu (5/2/2011) pukul 09.00 WIT. Dengan menggunakan dua perahu nelayan, mereka menyeberangi selat yang memisahkan Pulau Mansinam dengan daratan Papua. Selanjutnya, rombongan disambut oleh suku Arfak, yang kemudian menerima Injil tersebut.

Prosesi dilanjutkan dengan ibadah syukuran di halaman Kantor Klasis Manokwari, di sebelah Gereja Elim Kwawi, yang berusia lebih dari 140 tahun.

Pendeta Amandoe dari Gereja di Pulau Mansinam mengatakan ini merupakan prosesi awal perayaan Pekabaran Injil. Ritual ini untuk mengenang berlabuhnya dua pendeta Jerman, Johann G Geissler dan Carl W Ottow, di Pulau Mansinam, pada 5 Februari 1855.

Kedua pendeta itu yang mengenalkan pertama kali ajaran agama Kristen dan Injil kepada masyarakat primitif Papua. Yang pertama kali menerimanya adalah suku Doreri. Masuknya dan dikenalnya Injil menjadi jalan terang dan pembuka wawasan bagi masyarakat Papua.

Perayaan Pekabaran Injil tahun ini dipusatkan di dua tempat, yakni di Kota Manokwari dan di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat.

Alex (20), warga Manokwari mengatakan, ritual Pekabaran Injil adalah momentum bagi warga Papua bersyukur. Sebab, dengan masuknya Injil, masyarakat Papua tidak lagi menjadi masyarakat yang primitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com