Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Imlek, Umat Hindu di Bali Ngayah

Kompas.com - 02/02/2011, 13:20 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Tradisi Ngayah atau gotong royong tanpa imbalan biasanya dilakukan oleh umat Hindu di Bali setiap menjelang perayaan hari raya Hindu.

Namun, menjelang Imlek tahun ini, sebagian umat Hindu di Denpasar juga tetap melakukan tradisi Ngayah di sejumlah Klenteng, karena mereka menganggap Budha sebagai jelmaan Dewa Wisnu yang turun ke bumi untuk menegakkan Dharma atau kebajikan.

Seperti yang terlihat di Klenteng atau Kongco Dwipayana, Tanah Kilap, Denpasar, Rabu (2/2/2011) pagi tadi. Sejumlah umat Hindu Ngayah mempersiapkan segala keperluan Imlek seperti membersihkan areal Klenteng dan peralatan di dalamnya serta menyiapkan bermacam-macam buah yang akan dipersembahkan kepada Budha.

“Setiap kali ada kegiatan di klenteng ini biasa datang beberapa hari sebelumnya, setiap berdoa di sini, semua keinginan selalu terkabulkan,” ujar I Gusti Ngurah Made, salah seorang umat Hindu yang turut Ngayah pagi tadi.

Usai melakukan Ngayah, umat hindu melanjutkan dengan persembahyangan untuk menghormati sang Budha.

Pengurus Kongco Dwipayana, Ida Bagus Adnyana mengatakan kerukunan antar umat beragaman di Kongco ini tidak hanya terjadi pada saat Imlek. “Ini sebagai salah satu bentuk kerukunan umat beragama, mereka sudah biasa berbaur disini, tidak hanya imlek tapi mereka juga sering bersembahyang di sini,” kata Adnyana.

Puncak perayaan Imlek di Konco Dwipayana ini akan dilakukan pada tengah malam nanti dengan melakukan persembahyangan untuk melepas tahun sebelumnya dan menyambut tahun baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com