Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,3 SR di Palu, Kedalaman 23 Km

Kompas.com - 08/01/2011, 16:01 WIB

PALU, KOMPAS.com — Gempa tektonik berkekuatan 5,3 pada skala richter (SR) mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (8/1/2011) pukul 16.15 WITA.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam situsnya menyebutkan, pusat gempa terletak pada 0,85 Lintang Selatan dan 119,78 Bujur Timur.

Gempa yang tidak berpotensi tsunami itu terjadi di kedalaman 23 kilometer dengan jarak 9 kilometer arah barat laut Kota Palu.

Warga Kota Palu sempat panik saat gempa berlangsung, terutama yang berada di gedung bertingkat. Getaran gempa terjadi sekitar lima detik.

Sejumlah pengunjung Mal Tatura Palu yang berada di lantai dua terlihat berlarian turun ke lantai dasar begitu mengetahui ada gempa. Anak-anak digendong oleh ibunya sambil berlari menuruni tangga.

Salah satu pengunjung mal, Ratna, mengaku sempat takut dan berlari ke luar gedung untuk mengantisipasi adanya kejadian yang lebih parah. "Untung getarannya cuma sebentar, jadi saya kembali lagi berbelanja," katanya.

Seorang petugas terlihat menenangkan pengunjung dengan memintanya untuk tidak panik. Usai getaran gempa berakhir, sejumlah pengunjung Mal Tatura kembali melanjutkan aktivitasnya, seperti menyelesaikan transaksi di kasir atau menyantap makanan.

Hingga saat ini belum dilaporkan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa bumi tektonik itu. Kota Palu dan sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah sering dilanda gempa dengan kekuatan berkisar 4,00 SR hingga 5,5 SR. Di wilayah ini terdapat sesar Palu Koro yang dikenal aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com