Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Desa di Madura Disapu Puting Beliung

Kompas.com - 08/01/2011, 15:41 WIB

SUMENEP, KOMPAS.com — Sebanyak empat bangunan milik warga Desa Banmaleng, Pulau Giliraja, Kecamatan (Pulau) Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Sabtu (8/1/2011).

Kepala Desa Banmaleng Moh Rakib menjelaskan, angin puting beliung yang terjadi di wilayahnya bersamaan dengan hujan Sabtu siang. "Kejadiannya sekitar pukul 12.15 WIB. Angin puting beliung tersebut hanya melanda satu kampung di wilayah kami, yakni Dusun Komaddu, dan merusak empat bangunan," katanya melalui telepon.

Empat bangunan tersebut berupa dua kandang sapi, gudang penyimpanan ikan teri, dan satu rumah. "Dua kandang sapi milik warga hancur berantakan. Angin puting beliung kemungkinan besar sampai mengangkat dua kandang sapi tersebut. Posisi dua kandang sapi yang terbuat dari kayu itu bergeser dari tempat semula," ujarnya.

Kerusakan di gudang penyimpanan ikan teri juga cukup parah. Bagian atasnya beterbangan diterjang angin puting beliung yang datang tiba-tiba itu.

"Selain asbes, sebagian kayu yang menjadi tempat penyangga asbes tersebut juga terkena angin puting beliung. Saat ini, bagian atas gudang penyimpanan ikan teri tersebut bolong," paparnya.

Sementara kerusakan yang terjadi pada salah satu rumah warga Dusun Komaddu hanya genteng yang beterbangan terkena angin puting beliung.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah angin puting beliung yang melanda sebagian wilayah kami pada Sabtu ini," kata Rakib.

Informasi dari Camat Giligenting, Baihaki, angin puting beliung di wilayah tersebut melanda tiga desa, yakni Desa Lombang, Banbaru, dan Banmaleng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com