Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Yogya, Pantai Selatan Aman

Kompas.com - 21/08/2010, 20:52 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pascagempa bumi berkekuatan 5,0 skala richter yang mengguncang DI Yogyakarta dan sekitarnya, Sabtu (21/8/2010), malam, kondisi pantai selatan di pesisir Bantul dilaporkan aman. Meski begitu, guncangan gempa yang cukup keras sempat membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah karena khawatir bahaya tsunami.

Seperti dilaporkan Sekretaris Tim SAR Pantai Parangtritis, Bantul, Taufik M Faqi, guncangan gempa membuat semua warga di pesirir pantai berhamburan ke luar rumah. Kepanikan sempat terjadi karena warga khawatir gempa membawa tsunami.

Namun dikatakan, hal itu hanya terjadi sekitar 10 menit. Setelah itu, warga masuk kembali ke rumah setelah mendapat informasi dari BMKG yang diteruskan oleh petugas SAR di tiap-tiap wilayah pantai.

Taufik juga mengatakan, gempa yang berlangsung sekitar 10 detik itu tidak menimbulkan kerusakan bangunan maupun korban jiwa.

Seperti diberitakan, gempa berkekuatan 5,0 skala richter terjadi pada pukul 18.41 yang terletak 15 km tenggara Bantul atau 26 km tenggara Kota Yogyakarta. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com