Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gelar Razia Makanan Kedaluwarsa

Kompas.com - 12/08/2010, 16:46 WIB

CILACAP, KOMPAS.com — Kepolisian Sektor Majenang, Cilacap, Kamis (12/8/2010), menggelar razia di dua toserba terbesar untuk mengantisipasi peredaran makanan mengandung zat berbahaya ataupun kedaluwarsa selama Ramadhan hingga Lebaran.

Dalam penyisiran di Toserba Yogya ataupun Toserba Laksana Baru, petugas memeriksa satu per satu label makanan kemasan yang dijual di tempat ini.

Pemeriksaan itu meliputi tanggal kedaluwarsa, izin produksi, label halal, dan daftar zat yang dikandung makanan.

Akan tetapi, selama penyisiran tersebut, petugas tak menemukan satu pun makanan yang kedaluwarsa ataupun diduga mengandung zat berbahaya.

Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Edi Swasono melalui Kepala Kepolisian Sektor Majenang Inspektur Polisi Satu Setiadi mengatakan, razia tersebut digelar sebagai upaya memberi perlindungan kepada masyarakat.

"Selama puasa Ramadhan hingga menjelang Lebaran pasti banyak orang belanja. Makanya, kami ingin pastikan tidak ada barang kedaluwarsa maupun mengandung zat berbahaya yang beredar," kata Setiadi.

Meskipun tidak menemukan makanan kedaluwarsa, pengelola toserba diimbau untuk lebih meningkatkan pengawasan internal sehingga tidak ada makanan kedaluwarsa yang mereka jual.

Selain itu, polisi akan tetap memantau kemungkinan adanya peredaran makanan tersebut, termasuk menggelar razia di pasar-pasar tradisional dengan menggandeng dinas terkait.

"Kami juga meminta warga untuk bisa membeli barang-barang yang dilindungi undang-undang. Kita sama-sama saling menjaga, penjual menjaga, warga juga jaga diri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com