Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodam Pattimura Siap Amankan Sail Banda

Kompas.com - 05/07/2010, 17:09 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Seluruh personel Kodam XVI/Pattimura siap mengamankan kegiatan bahari bertaraf internasional Sail Banda 2010 yang dijadwalkan berlangsung Juli-Agustus 2010. "Kami sudah berkoordinasi dengan Polda Maluku untuk mengamankan seluruh kegiatan Sail Banda termasuk pengamanan VVIP bagi tamu negara yang menghadiri kegiatan ini," kata Pangdam Pattimura Mayjen TNI Hatta Syafruddin di Ambon, Senin (5/7/2010).

Menurut Hatta, selain personel Kodam, pihaknya juga melibatkan personel TNI yang dibawah kendali operasi (BKO) ke Kodam XVI yang sedang bertugas di Maluku. "Prinsipnya kami siap mengamankan seluruh kegiatan Sail Banda termasuk bagi para peserta lomba. Personel sudah disiagakan termasuk pasukan BKO yang saat ini sementara menjalankan tugas pengamanan di Maluku," ujarnya.

Kendati demikian, menurutnya, peran serta masyarakat Maluku sangat diperlukan untuk menjaga kondisi keamanan yang semakin kondusif, sehingga pelaksanaan kegiatan bertaraf internasional ini  berjalan dengan sukses. "Tugas pengamanan tidak saja menjadi tanggung jawab TNI/Polri tetapi masyarakat juga harus berperan aktif. Untuk itu kami sangat berharap dukungan dan peran serta dari seluruh masyarakat Maluku," katanya.

Pangdam juga mengimbau masyarakat Maluku untuk tidak terpancing isu-isu menyesatkan dan sengaja disebarkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab dengan maksud mengacaukan situasi yang semakin kondusif dan aman. "Laporkan segera kepada aparat keamanan di pos terdekat jika mengetahui ada tindakan oknum-oknum tertentu yang dapat memicu terjadinya kekacauan, sehingga dapat diambil tindakan tegas," katanya.

Sail Banda, menurut Pangdam, merupakan agenda nasional yang perlu disukseskan, mengingat dampaknya sangat besar bagi kelangsungan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Maluku di masa mendatang. "Sail Banda adalah momentum tepat untuk menggerakkan pembangunan di Maluku agar lebih maju dan sejajar dengan daerah lainnya. Dengan Sail Banda terbuka peluang investasi skala besar di daerah ini dan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat di masa mendatang," kata Pangdam Syafruddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com