Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamu Bupati Berpakaian Ketat Dilucuti

Kompas.com - 19/05/2010, 22:53 WIB

MEULABOH, KOMPAS.com — Bupati Aceh Barat Ramli MS berniat membagikan gratis 16.000 rok mulai 25 Mei 2010 bagi penduduk daerah itu yang dianggap melanggar syariat Islam.

Rok sebanyak itu adalah sumbangan dari berbagai pihak setelah Bupati Ramli mewajibkan semua perempuan di daerahnya memakai rok. Sebagai "pemanasan", anak buah Bupati Ramli pun mulai melucuti setiap tamu yang berbusana ketat. 

Setelah dilucuti, staf pendapa Bupati Ramli pun menggantinya dengan rok, sedangkan busana-busana ketat itu dikumpulkan untuk kemudian dimusnahkan. Ini diungkapkan Bupati Ramli MS kepada harian Serambi Indonesia (Kompas Gramedia Group) di Meulaboh.

“Rok itu menjadi milik mereka (para tamu), sedangkan pakaian ketat yang disita akan dimusnahkan,” kata Ramli tanpa menyebut identitas tamunya.

Ramli mengaku sengaja memberlakukan aturan itu di lingkungan pendapa untuk mengajak masyarakat supaya benar-benar menjalankan perintah agama dalam hal berpakaian.

Aturan itu tetap akan berlaku untuk seterusnya. “Kami juga menyampaikan terima kasih terhadap program manunggal subuh dan zikir di setiap masjid yang dilakukan oleh institusi TNI karena hal ini merupakan rangkaian dari penegakan syariat Islam di Aceh Barat,” kata Ramli.

Soal rencana pembagian rok, Ramli menyerahkannya kepada petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (WH). Ia juga akan menempatkan kembali WH di sejumlah lokasi strategis, seperti RSUD Cut Nyak Dhien, Masjid Agung Baitul Makmur, serta Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil.

Selain itu, sebanyak 50 petugas WH yang direkrut baru-baru ini oleh Pemkab Aceh Barat juga akan ditempatkan di setiap perkantoran. “Ini semua kami lakukan untuk memaksimalkan pengawasan pelaksanaan syariat Islam,” katanya. (Edi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com