Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN Persilakan Jupe dan Venna Ikut Pilkada

Kompas.com - 14/04/2010, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Koordinator Pilkada Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo mempersilakan kepada semua figur termasuk dari kalangan  artis, seperti Julia Perez ataupun Venna Melinda, untuk mendaftar ikut pilkada di berbagai daerah.

Namun, Drajad yang juga Wakil Ketua Umum DPP PAN ini menegaskan, meski mereka mendaftar, belum tentu PAN langsung mendukungnya. PAN, kata Drajad, memiliki kriteria-kriteria khusus dalam menentukan kandidat.

Drajad mengaku sekadar tahu bahwa artis Juli Perez (Jupe) berniat menjadi calon wakil bupati Pacitan dan DPD Demokrat Blitar berniat mengajukan Venna Melinda sebagai calon bupati. Menurut dia, untuk kedua daerah itu, PAN belum  memutuskan calonnya.

"Yang jelas, setiap warga negara berhak untuk mencalonkan atau dicalonkan. Dan tentu saja, PAN akan melihat elektabilitas, kapasitas, dan integritas calon yang akan diusung secara resmi nanti," kata Drajad Wibowo di sela-sela peluncuran buku berjudul Skandal Gila Bank Century yang ditulis oleh politisi Golkar, Bambang Soesatyo.

"Tiga kriteria ini berlaku bagi semua orang termasuk figur artis sekalipun. Siapa pun dia, kader PAN atau bukan, artis atau bukan, kalau memenuhi ketiga persyaratan itu, ya tentu akan menjadi calon kuat. Kalau tidak memenuhi, ya mungkin belum jodohnya," kata Drajad diplomatis.

Drajad membantah bila dikatakan saat ini DPP PAN sudah resmi menolak figur Julia Perez yang berniat maju sebagai calon bupati Pacitan, Jawa Timur. Sampai saat ini, diakui Drajad, Julia Perez belum secara resmi "meminang" PAN.

PAN tidak alergi mengusung figur berlatar belakang artis untuk kandidat kepala daerah. "Jadi siapa pun boleh, termasuk Venna Melinda yang katanya mau dimajukan. Cuma perlu diingat, success rate artis itu tidak tinggi. Untuk artis atau para selebritis, tolong dikaji betul, modal popularitas belum memastikan elektabilitas. Termasuk kapasitas dan integritasnya," Drajad menjelaskan.

Sementara itu, Ketua DPP PAN Bidang Politik Bima Arya Sugiharto mengungkapkan, untuk pilkada di Blitar, kemungkinan PAN akan berkoalisi dengan jago dari PDI Perjuangan. "Tapi, sampai saat ini memang masih dalam proses. Soal Venna Melinda, setahu saya belum resmi menyatakan maju. Tapi kemungkinan Ketua PAN Blitar, Heri, akan berpasangan dengan Djarot sebagai cabup Blitar dari PDI-P," ujar Bima Arya. Djarot Syaiful Hidayat adalah Wali Kota Blitar dua periode, dan sekarang berniat maju lagi sebagai bupati Blitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com