Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wabup Lumajang: Tahun Depan Jangan Ada Siswa Hamil

Kompas.com - 21/03/2010, 13:17 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.com — Sedikitnya dua pelajar sekolah menengah atas Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tidak bisa mengikuti ujian nasional karena hamil. Wakil Bupati Lumajang As’at Malik, di Lumajang, Minggu (21/3/2010), mengatakan bahwa dua pelajar SMA tersebut sudah menikah dan hamil sehingga tidak bisa mengikuti UN yang digelar secara serentak pada Senin besok hingga Kamis (25/3/2010).

"Saya sangat menyayangkan kedua pelajar itu tidak bisa ikut UN karena terlanjur menikah, kemudian hamil," kata As’at. Sedikitnya tiga pelajar SMA di Kabupaten Lumajang tidak bisa mengikuti UN karena seorang pelajar meninggal dunia dan dua pelajar hamil.

Menurut As’at, sesuai dengan aturan yang berlaku, pelajar yang hamil tidak boleh mengikuti UN, meski mereka punya keinginan untuk mengikuti UN tersebut. "Saya berharap, tahun depan tidak ada lagi siswa hamil, sehingga mereka bisa mengikuti UN," ucapnya berharap.

Ia mengimbau kepada seluruh peserta UN untuk tetap tenang dalam menghadapi ujian dan tidak panik saat mengerjakan soal-soal ujian nanti. "Saya imbau pelajar percaya diri dalam mengerjakan soal UN karena masing-masing sekolah sudah menggelar uji coba UN secara bertahap. Saya berharap, pelajar di Lumajang lulus 100 persen," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Winhatno menambahkan, semua pihak telah siap menghadapi UN, baik para pelajar maupun panitianya. Para pelajar telah mengikuti uji coba UN dengan mengerjakan soal beberapa kali secara rutin dan berjenjang.

"Soal-soal uji coba UN itu merupakan soal-soal yang disajikan sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com