Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampung Bangun Tol Sepanjang 51 Kilometer

Kompas.com - 20/12/2009, 08:57 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Lampung akan membangun jalan tol sepanjang 51 kilometer (Km) di sepanjang jalur Babatan-Tegineneng di Lampung Selatan.

"Jalan itu tengah dalam proses tender untuk kedua kalinya, dan mudah-mudahan pembangunannya bisa dilaksanakan dalam waktu dekat," kata Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, Minggu (20/12).

Sjahroedin menyebutkan, jalan tol itu untuk memperlancar arus kendaraan yang melintasi di jalan lintas Sumatra (jalinsum) yang selama ini kerap padat terutama oleh truk yang membawa komoditas hasil produksi pertanian, perikanan, perkebunan dan lain-lain.

Selain itu, angkutan menuju pulau Jawa atau sebaliknya melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan juga memadati jalur tersebut.

"Menjelang Lebaran dipastikan arus kendaraan di jalinsum itu padat merayap," kata dia pula.

Sjachroedin berencana membangun jalan tersebut langsung dari Babatan Lampung Selatan menuju Muaradua Sumatra Selatan (Sumsel), namun hingga kini belum ada investor yang tertarik menanamkan investasinya di situ.

"Pembangunan jalan tol itu tergantung minat investor. Mereka pastinya melihat untung dan ruginya," kata dia.

Sementara itu arus kendaraan yang melintasi di jalinsum Soekarno-Hatta-Bandarlampung pada hari biasa cukup padat, dan didominasi truk, bus dan pribadi.

Sempitnya badan jalan di jalinsum tidak sebanding dengan volume kendaraan yang melintas sehingga sering sekali macet, terutama oleh truk pembawa hasil produksi dan bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com