Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelly Kwalik Tewas Sambil Memegang Revolver

Kompas.com - 16/12/2009, 14:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Divisi Humas Polri Irjen Nanan Soekarno di Jakarta, Rabu (16/12/2009), menyatakan bahwa orang yang diduga kuat sebagai pimpinan tentara pembebasan nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM), Kelly Kwalik, dipastikan tewas di rumah sakit, setelah terjadi baku tembak dengan aparat kepolisian.

Kelly tertembak di sebuah rumah di dalam hutan Mile 26 pukul 03.00 WIT. "Tim khusus melakukan penyergapan di rumah tersebut dan melakukan tindakan sesuai prosedur," kata Nanan dalam jumpa pers di Mabes Polri, Rabu siang.

Nanan menjelaskan, untuk menuju rumah tersebut hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki. Tim yang terdiri dari anggota Brimob, Densus 88, dan Baintelkam Polri di bawah koordinasi Deputy Kepala Polri mendapat perlawanan dari tersangka saat penggerebekan. "Tim telah memberikan peringatan kepada penghuni rumah untuk menyerahkan diri, namun tidak dihiraukan," kata Nanan.

"KK berusaha lari lewat jalan belakang, namun berbalik lagi ke dalam rumah dan menodongkan senjata revolver ke arah petugas. Akhirnya petugas terpaksa melumpuhkan dengan menembak tersangka," jelasnya.

Setelah dilumpuhkan, kata Nanan, Kelly terjatuh dengan posisi masih memegang revolver. Tersangka lalu dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Kencana. Namun, nyawa tersangka tak dapat tertolong dan meninggal sekitar pukul 09.00 WIT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com