Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilewati Jalur Gempa, Sebaiknya Bangun Rumah Tahan Gempa

Kompas.com - 30/11/2009, 21:34 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, termasuk daerah yang dilewati jalur gempa di Indonesia sehingga masyarakat harus membangun rumah tahan gempa.

Pernyataan tersebut dikatakan Kepala Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi, Departemen Pekerjaan Umum (PU) Andrias Shugono di Tasikmalaya, Senin (30/11).

"Tasikmalaya dilewati jalur gempa, sehingga gempa akan terjadi lagi. Demi keselamatan masyarakat, harus dibangun rumah tahan gempa," katanya usai menghadiri pelatihan pembangunan rumah kepada 55 orang yang tergabung dalam Pokmas di aula kantor bupati.

Ia menjelaskan berdasarkan peta gempa, di wilayah Tasikmalaya terdapat garis jalur untuk semua jenis gempa, seperti gempa tektonik dan vulkanik.

Menurut dia, berdasarkan peta gempa, wilayah Tasikmalaya akan terjadi gempa setiap tahun dengan guncangan yang akan merusak bangunan.

"Masyarakat perlu waspada karena Tasikmalaya masuk dalam jalur gempa," katanya di depan pejabat Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk mengantisipasi bencana, masyarakat memiliki inisiatif untuk membangun rumah tahan gempa agar tidak mengalami kerusakan berat ketika diguncang gempa.

Rumah tahan gempa bisa seperti rumah panggung atau menggunakan material bangunan yang tidak akan patah jika diguncang gempa. "Jika membangun rumah atau bangunan tahan gempa, dampak gempa tidak akan terlalu parah," katanya.

Menurut dia, membangun rumah tahan gempa merupakan upaya menyelamatkan jiwa dan kerusakan bangunan jika gempa terjadi kembali di masa yang akan datang.

Selain itu, masyarakat Tasikmalaya perlu memiliki pengetahuan tentang cara membangun rumah tahan gempa. "Masyarakat harus memiliki pengetahuan mengenai bangunan tahan gempa agar risikonya tidak terlalu besar," katanya.

Pelatihan bangunan antigempa kepada Pokmas dari delapan kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya yang daerahnya rusak akibat guncangan gempa itu bertujuan memberikan pengetahuan tentang mendirikan rumah tahan gempa dengan baik dan benar.

Upaya pelatihan bimbingan teknis kepada Pokmas sekaligus untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan membangun rumah tahan gempa.

"Kami harap masyarakat memiliki bekal pengetahuan dalam membangun rumah tahan gempa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com