Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Mobil Dinas Gubernur Rp 4 Miliar Lebih

Kompas.com - 30/10/2009, 15:48 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Meskipun Gubernur Riau HM Rusli Zainal sudah mendapatkan mobil dinas Toyota Crown Majesta 3.000 cc seharga Rp 1,8 miliar, ia kembali akan mendapatkan mobil dinas jenis jip seharga Rp 2,3 miliar.

"Proyek pembelian mobil ini telah diumumkan di salah satu media massa nasional yang menjadi tempat pengumuman resmi Pemprov Riau untuk pengadaan lelang," kata Kabag Perlengkapan dan Penyimpanan Barang Daerah Anasri, Jumat (30/10).

Menurut Anasri, selain Rusli Zainal, mobil dinas mewah juga disediakan untuk Ketua DPRD Riau Johar Firdaus dan dua Wakil Ketua DPRD Riau, serta sejumlah kepala dinas.

"Untuk total dana pembelian mobil dinas bagi Gubernur, Wakil Gubernur, Ketua DPRD Riau, Wakil Ketua DPRD Riau, termasuk diperuntukkan bagi belasan pejabat eselon II dan setingkatan, disediakan anggaran sekitar Rp 18 miliar," kata Anasri.

Adapun pihak sekretariat DPRD Riau menyebutkan, usulan pembelian mobil dinas tahap pertama akan diprioritaskan terhadap 7 pimpinan fraksi dan 4 pimpinan komisi. Sesuai dengan undang-undang, kendaraan dinas untuk para anggota setara dengan pejabat eselon II.

Sementara itu, Kepala Biro Perlengkapan Pemprov Riau Rusli M tidak membantah adanya rencana pembelian itu. Ada sebanyak 50 pembelian dilakukan pada tahun 2009.

Jumlah ini belum termasuk rencana pengadaan mobil dinas untuk setiap anggota DPRD Provinsi Riau periode 2009-2014.

Rusli M mengatakan, proyek pembelian yang sudah selesai dilakukan adalah pengadaan mobil dinas Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau, dan tiga wakilnya.

"Semua kendaraan ini sudah digunakan oleh pejabat bersangkutan sejak beberapa waktu lalu. Pembelian itu dilakukan tahun 2009," katanya.

Wakil Gubernur Riau H Raja Mambang Mit yang ditemui secara terpisah membenarkan jika anggaran pembelian mobil dinas tersebut pernah ada di APBD Riau tahun 2009 dan sudah direncanakan sejak tahun 2008.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com