Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sorowako Peduli Korban Gempa

Kompas.com - 11/10/2009, 17:42 WIB

SOROWAKO, KOMPAS.com - Bencana alam berupa gempa bumi yang terjadi di Sumatra Barat menggugah keprihatinan masyarakat Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan  dan sekitarnya dengan menggalang aksi bantuan kemanusiaan.

Minggu (11/10) siang, Solidaritas Sorowako untuk Sumatra Barat mengadakan acara yang bertajuk “Sorowako Bootsale For Indonesia 2009”. Program yang ditawarkan oleh panitia pelaksana adalah boot sale, yaitu penjualan barang-barang bekas dengan harga murah, lomba menggambar dan mewarnai dan bagi anak-TK dan SD. Sementara para pengunjung dihibur oleh penampilan band-band lokal Sorowako serta seni tarian tradisional Sorowako dan sekitarnya.

Aksi yang berlangsung di Camp Site, Sorowako  ini melibatkan karyawan perusahaan tambang nikel PT Inco  dan keluarganya serta berbagai komunitas di Sorowako, di antaranya Ikatan Alumni Yayasan Pendidikan Sorowako, Asa Patudu, Siswa pencinta alam, Sanggar Seni Measaroa, dan lain-lain.

Menurut ketua panitia, Sulvi Suadi, total uang tunai sementara yang terkumpul lebih dari Rp100 juta. “Dana terbesar diperoleh dari sumbangan karyawan PT Inco yang dilakukan oleh masing-masing departemen internal PT Inco,” kata Sulvi. Selain uang, sumbangan lainnya berupa barang, seperti pakaian, selimut, sarung, peralatan rumah tangga, dan sembako yang diperoleh dari Kecamatan Towuti, Wasuponda, dan Malili. Rencananya,  penitia akan berkoordinasi dengan PT Inco dalam penyaluran bantuan tersebut.

Managar Regional Communications dan Government Relations PT Inco Tri Rachman Batara yang hadir di dalam aksi tersebut mengatakan sangat terharu melihat rasa solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat di sekitar perusahaan. “Ini menjadi bukti tingginya rasa kebersamaan masyarakat di Sorowako yang dihuni oleh beragam etnis, termasuk diantaranya berasal dari Padang.

Sementara itu, 21 orang tim rescue dan medis PT Inco yang bertugas di Kabupaten Padang Pariaman sejak 2 Oktober lalu telah ditarik. “Tadi pagi seluruh tim mengikuti upacara penutupan operasi bersama tim Siaga Bencana Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral di Kota Padang,” ujar Batara. (NAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com