Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Esia Donasikan Rp 500 Juta ke Sumbar

Kompas.com - 08/10/2009, 17:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan seluler Esia melalui TV One Satu Untuk Negeri menyumbangkan donasi sebesar Rp 500 juta. Donasi ini merupakan bagian dari berbagai aktivitas sosial Esia di bawah payung kegiatan Duka Padang, Bakti Esia sebagai bagian dari Gerakan Bakrie Untuk Negeri.

Selain itu, Esia juga telah menempatkan tim relawan yang berasal dari karyawan Esia di Jakarta, Medan, Pekanbaru, dan Jambi untuk melakukan serangkaian aktivitas sosial, baik di Padang maupun Pariaman sebagai daerah yang banyak mengalami kerusakan fisik ataupun korban Jiwa. Sejauh ini mereka telah membagikan sembako dan berbagai keperluan anak dan wanita di beberapa lokasi di Padang ataupun Pariaman.

"Kami memang bergerak all-out di Sumatera Barat. Prioritas pertama adalah keselamatan karyawan dan keberlangsungan jaringan. Lalu, menjaga kualitas jaringan dan sekaligus memberikan bantuan ke masyarakat," ujar Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Services PT Bakrie Telecom, Kamis (8/10), saat menyertai kunjungan Basuki Jusuf Iskandar, Pejabat Pelaksana Tugas Ditjen Postel.

Esia memiliki tim tanggap bencana di tiap regional. Menurut Rakhmat, keberadaan mereka dipersiapkan untuk mengatasi persoalan jaringan yang merupakan kebutuhan vital ketika terjadi suatu musibah. Aktivitas mereka tergabung dalam kegiatan BTEL ROCKS (Reaching Out Communities & Kids), sebuah kegiatan sosial perusahaan.

Terbukti langkah antisipasi ini benar-benar bermanfaat ketika terjadi gempa sehingga Esia relatif dapat memulihkan kualitas layanan jaringannya baik ketika terjadi gempa di Tasikmalaya maupun kini di Padang.

Langkah tim tanggap bencana Esia disinergikan pula bersama tim relawan kelompok usaha Bakrie yang tergabung dalam gerakan Bakrie Untuk Negeri. Tim ini juga telah berada di Padang sejak hari Jumat lalu membantu proses evakuasi korban ataupun memberikan sumbangan di beberapa tempat.

Selain mengirimkan tim tanggap bencana, Esia juga mendonasikan Rp 500 juta yang disalurkan melalui TV One Satu Untuk Negeri. Rakhmat berharap dana ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat langkah recovery, khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat ataupun pendidikan anak-anak.

"Kami prihatin dengan situasi yang terjadi. Banyak korban dan kerusakan fisik yang terjadi. Tapi bagaimanapun juga hidup ini mesti berlanjut. Kami yakin, sebagai masyarakat yang memiliki dasar keagamaan yang kuat dan memiliki semangat wirausaha yang tinggi, masyarakat Sumatera Barat dapat melalui cobaan ini dengan baik. Bahkan lebih baik lagi ke depannya," kata Rakhmat.

Untuk meringankan beban bencana ini, Esia telah menggratiskan pembicaraan telepon sesama pelanggan Esia, baik di dalam kota-kota di Sumatera Barat, antarkota di Sumatera Barat maupun dari dan ke Jakarta. Tidak itu saja, Esia membagikan 1.000 kartu perdana Esia gratis. Ada dua lokasi pembagian kartu perdana gratis yaitu di Rumah Sakit M Djamil dan Gerai Esia Padang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com