Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

247 Gempa Susulan Terjadi Setelah Gempa Utama 7,6 SR

Kompas.com - 02/10/2009, 08:56 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Padang mendeteksi telah terjadi 247 kali gempa susulan setelah gempa besar 7,6 skala Richter yang mengguncang Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Jaya Murjaya, kepada wartawan ANTARA yang melaporkan dari Padang, Jumat (2/10), mengatakan, terjadi 247 kali gempa susulan hingga Kamis sore.

Kekuatan dari gempa-gempa susulan yang terjadi tersebut melemah, rata-rata mencapai 3-4 skala Richter.

Gempa-gempa kecil tersebut, menurut Jaya, memang tidak dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Padang dan sekitarnya, namun terdeteksi oleh BMKG.

Pihaknya juga memprediksi gempa susulan dengan skala kecil ada kemungkinan masih akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan. "Tapi masyarakat tetap tidak dapat merasakannya," ujar dia.

Gempa besar 7,6 skala Richter yang meluluhlantakkan gedung, rumah, pertokoan di Kota Padang dan sekitarnya, Rabu sore, terpusat di barat daya Pariaman, Sumbar.

Gempa susulan berkekuatan 6,2 skala Richter kembali mengguncang Padang dan daerah sekitarnya beberapa menit setelah gempa utama.

Kondisi tersebut membuat warga trauma dan lebih memilih tetap berada di luar rumah. Warga memilih bermalam di tenda-tenda darurat yang didirikan di tempat terbuka.

Belum pulihnya aliran listrik di Padang dan sekitarnya membuat masyarakat, terutama kaum muda, berjaga-jaga di sekitar rumah maupun lingkungan rumah untuk mengantisipasi tindak kejahatan, khususnya pencurian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com