Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Orgil dan Sembilan Pengemis Terjaring Razia

Kompas.com - 30/09/2009, 15:21 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Sedikitnya enam orang gila dan sembilan pengemis bersama dua bayi terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja Gresik sejak Selasa (29/9) hingga Rabu (30/9). Tim razia menyisir jalan utama di Gresik mulai dari kawasan Bunder, Veteran, sampai sekitar pasar kota Gresik. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Gresik Karno, Rabu (30/9), menyatakan, 17 orang gepeng terjaring, dua di antaranya adalah bayi yang diajak mengemis.

"Di perempatan Kebomas terjaring enam pengemis dan dua bayi. Orang gila yang terjaring di pintu tol Bunder, Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo di bawah jalan tol, Randuagung, Sidomoro, masing-masing terjaring satu orang gila. Di kawasan pasar kota ada dua orang gila. Total ada enam orang gila dua diantaranya perempuan," kata Karno.

Razia gelandangan, pengemis, dan orang gila merupakan tindak lanjut atas atas keluhan masyarakat terhadap maraknya jumlah gepeng dan orgil di kawasan Gresik. Razia itu sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 25 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum di Kabupaten Gresik. "Kami melaksanakan amanat tersebut," ujarnya.

Satpol PP Gresik akan berkoordinasi dengan pihak terkait tindak lanjut keseluruhan hasil razia ini. "Kami akan koordinasikan dengan Dinas Kependudukan Pelayanan Pencatatan Sipil dan Sosial soal gepeng. Sedangkan untuk orgil kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Ibnu Sina Gresik," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com