Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Solo Tonton Sepur Kluthuk Jaladara

Kompas.com - 27/09/2009, 13:49 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, Minggu, meresmikan pengoperasian kerata api (KA) wisata uap yang bernama "Sepur Kluthuk Jaladara " di Kota Solo, Jawa Tengah.
     
Peluncuran perdana pengoperasian KA wisata dengan loko uap C 1218 dan dua gerbong penumpang ditandai pemecahan kendi di depan loko oleh Menhub yang didampingi Walikota Surakarta, Joko Widodo dan Wakil Walikota Surakarta, Hadi Rudyatmo.
     
Menhub menjelaskan ide menghidupkan kembali jalur KA yang membelah Kota Solo itu berasal  dari Walikota Surakarta pada dua tahun yang lalu dan baru terealisasi sekarang. "Surakarta akan menghubungkan kota tempo dulu dan kota masa kini menjadi kota masa depan," kata Menhub.
     
Oleh karena itu, Menhub berharap beroperasinya KA uap untuk tujuan wisata di Kota Solo ini dapat diikuti oleh kepala daerah lainnya dengan mengambil keunikan yang ada di daerahnya masing-masing  sehingga masyarakat akan lebih mencintai daerahnya.
     
Jusman menyebutkan  KA wisata di Kota Solo ini, sementara akan melintasi jalur yang membentang Jalan Slamet Riyadi dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Kota (Sangkrah) atau berjarak sekitar 5,6 kilomter."KA uap itu diharapkan dapat berkembang jaraknya dari Stasiun Purwosari Solo hingga Stasiun Wonogiri," kata Menhub.
     
Sementara itu, pengoperasin KA uap perdana diberangkatkan dari depan rumah dinas Walikota Surakarta, Loji Gandrung juga menjadi perhatian ribuan warga masyarakat Kota Solo yang ingin menikmati fasilitas wisata baru tersebut.
     
Walikota Surakarta Joko Widodo mengharapkan pengoperasian  KA di tengah kota akan merupakan daya tarik tersendiri terhadap kota itu. Justru kota yang modern adalah kota yang dapat menyandingkan jaringan jalan raya da jaringan jalan rel dalam satu ruang pergerakan tanpa saling bersinggungan,  tetapi saling bersinergi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com