Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Api di Sumsel Mencapai Ratusan

Kompas.com - 06/09/2009, 20:04 WIB

 

PALEMBANG, KOMPAS.com-Jumlah titik api (hot spot) di Sumsel pada bulan September semakin meningkat. Berdasarkan pantauan terakhir dari satelit Aqua/Terra Modis pada hari Sabtu (5/9), jumlah titik api terpantau mencapai 401 titik.

Peningkatan jumlah titik api tersebut sangat drastis, karena pada tanggal 1 September hanya terpantau 64 titik, dan tanggal 2 September menurun menjadi 11 titik. Titik api meningkat kembali pada tanggal 3 September sebanyak 289 titik, namun pada tanggal 4 September menurun menjadi empat titik.

Ratusan titik api tersebut tersebar di Kabupaten Banyuasin 35 titik, Lahat (18), Muara Enim (16), Musi Banyuasin (45), Musi Rawas (87), Ogan Komering Ulu (18), Ogan Komering Ulu Timur (5), Ogan Komering Ulu Selatan (14), Ogan Ilir (15), Palembang (1) , dan yang terbanyak di Ogan Komering Ilir (147).

Sekretaris UPTD Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Sumsel Ahmad Taufik, Minggu (6/9) mengutarakan, peningkatan titik api disebabkan hujan tidak turun selama berhari-hari.

"Ada titik api di Ogan Komering Ilir yang terletak di lahan gambut tetapi tidak menimbulkan kabut asap. Kemungkinan karena lahan gambut itu masih basah, sehingga ketika terbakar masih bisa dipadamkan," kata Ahmad.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com