Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pengungsi Sahur di Bawah Tenda

Kompas.com - 03/09/2009, 07:19 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com-Ratusan pengungsi di Cianjur, Kamis (3/9), menempati ratusan tenda biru yang terbuat dari terpal plastik.

Bahkan untuk kali pertamanya, warga melakukan sahur di bawah tenda itu, menyusul gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter yang berpusat di Samudera Hindia sekitar 142 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Rabu (2/9) sore.

Meskipun makan dengan lauk pauk seadanya, ratusan warga yang memilih diam di bawah tenda, tetap melakukan sahur dengan khusyuk. Mereka juga melakukan shalat subuh berjamaah di tempat yang sama. "Ini pertama kali kami dan ratusan warga lainnya, melakukan sahur dan shalat berjamaah di dalam tenda. Kami masih takut untuk diam di dalam rumah dan melakukan ibadah di masjid," kata Ibu Ipah (58), warga Kampung Cicepuk, Desa Pamoyanan.

Ipah bersama anak cucu dan menantunya, memilih diam di dalam tenda karena rumah permanen miliknya, sebagian besar rusak parah di bagian dinding dan atap. Hal serupa terlihat pula menimpa enam rumah permanen milik warga lainnya di desa tersebut. Sedangkan puluhan rumah milik warga berdinding bambu dan lantai kayu, tidak rusak sedikitpun.

"Hanya rumah permanen yang rusak parah, sedangkan rumah berdinding bambu berlantai kayu, tidak ada yang rusak," tutur Agus. Bahkan, ungkapnya, masjid yang baru dibangun beberapa bulan yang lalu, mengalami kerusakan cukup parah. Sebagian besar kaca jendela pecah dan bagian kubah retak di beberapa bagian.

"Itulah sebabnya banyak warga memilih melakukan ibadah di bawah tenda karena kondisi masjid di kampung kami rusak parah. Meskipun masjid itu baru dibangun beberapa bulan yang lalu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com