Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Berkekuatan 6,9 SR Mengguncang Kupang

Kompas.com - 28/08/2009, 10:22 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang wilayah Kota Kupang, Nusa Tenggaraa Timur (NTT) pada hari Jumat (28/8) pukul 09:51:17 Wita pada lokasi 7.37 LS - 123.50 BT dengan kedalaman 670 Km namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Pusat gempa berada di laut 234 km Tenggara Bau-bau, Sultra dan getarannya dirasakan di Waingapu Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Ende," kata Koordinator Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang Hariyanto di Kupang.

Efek getaran gempa itu dirasakan di Kupang, Ende, Waingapu dan Namlea pada skala III Modified Mercally Intensity (MMI). Efek gempa juga dirasakan di Karangkates (II-III MMI), Makasar (II) dan Bali (II).

"Kita bersyukur karena efeknya tidak mencapai IV hingga VI MMI sehingga tidak menimbulkan kerusakan fisik bangunan atau korban jiwa," katanya.

Meski getaran tidak terlalu kuat, namun sejumlah warga Kupang tampak berhamburan ke luar rumah ketika gempa tersebut mengguncang kota itu namun 30 menit kemudian warga berangsur-angsur kembali memasuki rumah masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com