Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andika Ditemukan Sudah Meninggal Dunia?

Kompas.com - 02/08/2009, 20:12 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Andika Listyono Putra, yang hilang saat melakukan pendakian di Gunung Semeru (3.676 mdpl) pada Selasa (28/7), ditemukan tim Search and Rescue (SAR) gabungan dalam kondisi sudah meninggal dunia, Minggu (2/8).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) Kabupaten Lumajang, Jatim, Wisu Wasono Adi, yang dihubungi ANTARA mengatakan, dari laporan yang diterima, korban ditemukan di sekitar Jurang Blank 75.

"Saya tidak tahu pasti kronologis penemuannya, namun memang benar sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia," kata Wisu.

Andika Listyono Putra, mahasiswa Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Politik (Fisipol) UGM Yogyakarta, dilaporkan hilang setelah mengikuti kegiatan pendakian Gunung Semeru, Selasa (28/7).

Menurut Wisnu Wasono, pihaknya sempat kesulitan menghubungi sejumlah anggota tim SAR di Ranu Pane, Lumajang, sehingga tidak tahu persis kronologis penemuan pendaki tersebut.

Tim SAR gabungan sudah melakukan pencarian selama enam hari dengan menyisir sejumlah kawasan yang diduga kuat sebagai lokasi hilangnya mahasiswa UGM tersebut. "Kawasan jurang Blank 75 itu merupakan daerah yang berbahaya dan bukan jalur pendakian," katanya menjelaskan.

Beberapa pendaki sebelumnya, pernah hilang di kawasan yang merupakan jalur lahar dingin. Koordinator SAR Jember, Stevanus Bardonsky, yang dihubungi terpisah juga mengakui tentang penemuan jasad Andika di dasar jurang Blank 75.

"Saya dapat informasi singkat tentang pendaki asal UGM yang ditemukan dalam kondisi meninggal setelah enam hari pencarian oleh tim SAR," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com