Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM: Pendakian Itu Rutin Dilakukan

Kompas.com - 29/07/2009, 19:35 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Pihak Universitas Gadjah Mada sampai Rabu (29/7) sore ini belum juga menerima kabar mengenai Andika Listiono Putro. Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM itu dinyatakan hilang saat mengikuti kegiatan pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur.

Yoga Cahyadi, Humas Tim Respon Unit Kelompok Pecinta Alam Fisipol UGM Sentrayana mengatakan, hilangnya Andika Listiono dilaporkan ke Pos Ranupane, Gunung Semeru, pada Selasa (28/7) pukul 17.00 WIB. "Sampai sekarang kami belum dapat menghubunginya," katanya di Yogyakarta, Rabu (29/7).

Andika mulai mendaki Gunung Semeru pada Jumat (24/7) bersama enam orang rekannya. Dia dilaporkan hilang di sekitar puncak Semeru, saat kelompok mahasiswa tersebut dalam perjalanan turun untuk pulang.

Menurut Yoga, Andika kemungkinan besar tersesat dan terpisah dari rekan-rekannya, karena pandangan yang terhalang kabut. Saat itu, kondisi cuaca cukup buruk dengan angin kencang dan kabut tebal.

Sejauh ini, kata Yoga menambahkan, anggota Tim SAR Kabupaten Lumajang maupun tim Sentrayana juga belum berhasil menghubungi telepon seluler Andika. Hal ini diperkirakan karena sulitnya sinyal telepon seluler di Gunung Semeru.

Salah satu anggota kelompok diketahui dapat melakukan panggilan dengan telepon selulernya setelah beberapa saat mencari posisi yang dapat dijangkau sinyal.

Hingga Rabu sore, enam anggota kelompok lainnya dilaporkan sudah dalam perjalanan turun. Posisi terakhir mereka diketahui berada di sekitar Ranupane. Keenam anggota rombongan itu terdiri dari empat mahasiswa UGM, satu mahasiswa Akademi Komunikasi Indonesia, serta satu orang asal Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Yoga, pendakian ke Semeru merupakan kegiatan yang rutin diadakan para mahasiswa pecinta alam di setiap musim liburan semester. Andika Listiono Putra terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Administrasi Negara Fisipol UGM sejak tahun 2008. Dia adalah lulusan SMU Negeri Puri, Mojokerto, Jawa Timur.

Secara terpisah, Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan UGM Suryo Baskoro mengatakan, pihak UGM tengah berkoordinasi dengan Fisipol dan Sentrayana untuk mencari informasi yang jelas. "Kami juga terus memantau kondisi dengan Tim SAR di Gunung Semeru yang tengah mencarinya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com